Sabtu, 12 Januari 2013

SEKILAS RUBBER NBR DAN SBR

NATURAL RUBBER

Tanaman Hevea Brasiliensis banyak tumbuh di daerah amerika selatan dan akhirnya banyak menyebar ke asia. Natural Rubber berasal dari air getah dari tumbuhan pohon karet ( hevea brasiliensis ), pohon lainnya yang mengandung lateks termasuk fig dan dandelion yang merupakan polimer alam dengan monomer isoprone.
pada awalnya getah pohon ini di produksi untuk membuat sepatu dan baju anti air, kemudian banyak diperkenalkan di inggris ( UK ) sebagai penghapus tulisan pensil pada kertas.
setiap pohon karet apabila dilukai akan mengeluarkan getah seperti susu tetapi hanya beberapa jenis pohon saja yang mengandung partikel rubber

Rubber merupakan hasil bumi yang bila diolah dapat menghasilkan berbagai macam produk yang amat dibutuhkan dalam kehidupan, teknologi pembuatan rubber pada masa sekarang ini semakin berkembang pesat akan terus berkembang seiring waktu kedepan.
ada dua jenis rubber yang biasa digunakan dalam dunia industri yaitu Natural Rubber dan Syntetic Rubeer, Syntetic Rubber sebagian besar dibuat dengan mengandalkan bahan baku minyak bumi saat ini jumlah produksi dan komsumsi Rubber jauh diatas Natural Rubber, karena syntetic rubber lebih tahan terhadap berbagai bahan kimia dan ketahanan temperature lebih tinggi.

Styrene Butadiene Rubber ( SBR )

Rubber ini dibuat secara kopolimerisasi butadiene dan styrene, sifatnya bervariasi tergantung perbandingan kedua monomernya, belerang sebagai bahan vulkanisasi, secara umum perbandingan butadiene 75% dan styrene 25% sifat tahan abrasi, ketahanan temperature : 30° C s/d 70° C

Nitril Butadiene Rubber ( NBR ) 

Rubber Nitril atau Nitril Butadiene Rubber ( NBR ) dibuat dari kopolimerisasi butadiene dan akrilonitril dengan perbandingan yang bervariasi sifatnya juga tergantung dari perbandingannya, jika akrilonitril lebih besar maka sifatnya akan lebih kaku, oleh karena itu perbandingan akrilonitril dikategorikan pada skala tinggi dan rendah. sifatnya tahan abrasi, larut dalam pelarut polar tetapi tidak larut dalam pelarut non polar dan bensin, ketahanan temperatute 40° s/d 125° C. Produk karet ( Rubber ) atau spare part yang terbuat dari rubber banyak dipergunakan untuk mesin-mesin produksi dalam dunia industri atu pabrik antara lain :
  - Pabrik Tekstil
  - Pabrik Makanan dan Minuman
  - Percetakan
  - Pengolahan Kayu, dsb

Kami membuat dan mencetak berbagai jenis ukuran / bentuk sesuai contoh barang atau gambar yang diinginkan pengguna ( user ) antara lain : NBR, SBR, VITON, dan SILICONE. Beberapa jenis spare part yang kami buat antara lain : Mounting Rubber, Roller Rubber, O-Ring, Seal Rubber Silicone, Coupling Rubber, dll.

* Dikutip dari berbagai sumber





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Roller Chain Escalator Polyurethane

Kami menerima pembuatan / coating ulang Roller Chain Escalator, part escalator dengan bahan polyurethane, ukuran disesuaikan kebutuhan konsu...